Finishing

Dalam sebuah karya mebel/furniture apapun, finishing merupakan peran utama dalam menampilkan keindahan mebel tersebut, karena yang dipandang paling awal dari sebuah mebel adalah finishingnya, baru bahan bakunya.

Jenis-jenis finishing untuk kitchen set dan mebel-mebel lain pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. PAINT FINISHING
Paint finishing merupakan pengerjaan akhir dengan metode pengecatan. Dalam pengecatan untuk media kayu, ada 2 pilihan yakni Cat kayu dengan serat tertutup dan Cat kayu dengan serat tampak jelas/transparan sehingga memperindah tampilan (tampak natural dan artistik). Dalam hal ini kami menyarankan untuk menggunakan pilihan yang kedua, yakni serat transparan. Ada 3 metode cat transparan, diantaranya yaitu :

NC / Nitro Cellulose

Merupakan metode finishing dengan menggunakan bahan cat sejenis bahan untuk cat besi tetapi tanpa hardener (pengeras). Tampilan bahan ini semi gloss dengan glossy maksimal sekitar 30% dan kayu tampak lebih natural. tetapi tampak agak kusam/dove . Bahan ini tidak tahan air dan juga minyak, tidak bersifat keras dan lambat laun menguning.

Melamin

Merupakan bahan finishing yang paling banyak digunakan. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna kayu natural, karena finishing sistem melamine dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan natural pada serat kayu. Sesuai dengan sebutannya natural transparan, ia memiliki penampilan yang bening hingga warna kayu asli kelihatan alami bahkan makin cemerlang dan hidup. Tampilan bahan ini mengkilap dengan glossy mencapai 60%, permukaannya rata dan berkesan mewah. ketahanannya cukup bagus terhadap air, alkohol dan beberapa zat kimia lainnya juga terhadap blocking (tanda bekas akibat tumpukan / packing mark). Selain itu daya tahan goresnya sangat baik. Baunya cukup menyengat, dan sedikit getas.

Polyurethane

Tampilan bahan ini mengkilap dengan glossy mencapai 75%, permukaannya rata dan halus serta berkesan natural. Baunya tidak menyengat, tahan terhadap jamur dan lebih tahan panas.

Jika anda ingin menggunakan Cat kayu dengan serat tertutup kami menyediakan juga metode tersebut, yakni dengan menggunakan Cat Duco.

Cat Duco

Partikel kecil untuk warna ini bersifat menutup total media aplikasi finishing. pada ketebalan tertentu bahan finishing ini akan menutup permukaan benda kerja sehingga serat kayu tidak terlihat dan berubah warna sesuai dengan warna pigmen yang dipakai. Cat duco, istilah cat yang mungkin sering anda dengar adalah salah satu contoh bahan finishing yang menutup seluruh permukaan kayu sehingga serat tak lagi nampak. BIsa diterapkan untuk semua jenis kayu. Pilihan warna untuk cat duco sangat beragam, sehingga sangat cocok digunakan untuk furnitur anak yang membutuhkan warna yang bervariasi. Tetapi pelapis ini relatif mahal harganya dan membutuhkan tahapan pelapisan yang cukup banyak untuk menghasilkan kualitas yang baik, selain itu furnitur yang sudah dicat dengan cat duco serat asli kayu tersebut tidak dapat dikembalikan.
Waktu pengerjaannya relatif lama, karena ada banyak proses yang harus dilalui. Harganya relatif mahal. Jika finishing yang menggunakan pelapis tempelan bisa saja dilakukan oleh tukang kayu, maka finishing cat duco lebih baik dilakukan oleh tukang cat yang memang sudah terampil.

2. PAPER FINISHING
Paper finishing merupakan metode finishing dengan pelapisan lembaran finishing yang menyatu dengan kayu mebel yang kita buat. Beberapa metode paper finishing yang kami gunakan yaitu :

Paper laminating

Merupakan bahan finishing yang mudah didapatkan, terbuat dari kertas sehingga tidak tahan air dan rentan sobek. Biasanya lebih sering dipakai untuk pelapis bagian dalam dengan pilihan warna tak terbatas.

PVC

PVC merupakan bahan finishing yang mudah didapatkan, dibuat dari material poly vinyl chloride yang merupakan bahan buatan. Tampilan bahan PVC bisa berbagai macam, ada yang nampak seperti kayu asli, polos dan tampil berbagai warna. bahan ini tahan air, tetapi kurang tahan panas dan rentan sobek.

Tacco

Tacco merupakan bahan finishing yang sudah sering kita dengar. memiliki beragam motif kayu ataupun solid. Kurang tahan panas dan tidak mengkilap.

HPL / High Pressure Laminate

HPL merupakan bahan pelapis finishing dari interior dan furniture yang terlihat mewah dan elegant serta memiliki ketahanan yang bagus terhadap air dan panas. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit. Anda bisa bebas berkreasi ingin seperti apa tampilan furniturenya. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis sesuai trend saat ini. Harga sedikit lebih mahal karena memang bahan satu ini memiliki kualitas yang baik. Membutuhkan ketelitian ekstra dalam pengerjaan dibagian edging.