Bahan

Bahan baku untuk kitchen set terdiri dari berbagai jenis, di antaranya :

Partikel Board

Merupakan potongan/serpihan kayu yang dipadatkan. Bahan ini paling ringan dan murah, tetapi daya tahan bahan ini kurang kuat, tidak tahan air. Bahan partikel board ini biasa dipakai untuk furniture seperti merk Olymp*c, dll. Bahan ini mudah dibentuk, bisa juga digunakan untuk kitchen set, tetapi lebih cocok untuk di bagian atas. Tidak direkomendasikan untuk bagian bawah jika digabungkan dengan tempat cuci piring.

Plywood

Bahan ini cukup populer, digunakan untuk berbagai jenis furniture baik itu meja, lemari, buffet, kitchen set, dll. Bahan ini mudah diproses, memiliki ketebalan yang beragam. Plywood bahannya sangat kering, daya rekat kuat dan permukaan bahan yang rata, menjadikan bahan plywood paling populer untuk bahan kitchen set.

Jati Belanda

Bahan ini sebenarnya bukan terbuat dari Jati yang dikirim dari Belanda, tetapi istilah yang digunakan untuk bahan kayu sisa packing barang-barang import, seperti packing untuk mesin-mesin import dan lain-lain. Bahan ini cukup kuat, harg murah, tetapi jarang digunakan untuk kitchen set. Lebih sering digunakan untuk bahan rangka lemari, kursi kayu, meja, dll yang sengaja diproduksi untuk dijual murah. Bahan ini tidak bisa difinishing natural, biasa menggunakan finishing dark brown, atau warna-warna gelap.

Teak Block

Bahan ini merupaka gabungan antara kayu jati dan kayu lapisan/press dimana kayu jati dibagian luar dan kayu lapisan dibangian dalam. Bahan ini cukup keras dan permukaannya rata, sedikit lebih ringan dari Plywood. Terdapat kekurangan yaitu bunyi seperti ada ruang kosong apabila dipukul/diketok dari luar. dan pengerjaannya sedikit sulit.

Alumunium

Bahan ini tentunya sudah sangat familiar ditelinga. Merupakan bahan logam yang ringan, cukup kuat dan tentunya tahan air juga tahan panas. Bisa digunakan untuk pembuatan Kitchen set, tetapi dengan pengerjaan yang lebih sulit dibandingkan dengan bahan-bahan kayu seperti diatas. Butuh perlakuan khusus dengan peralatan khusus pula untuk pengerjaannya.